Wednesday, October 4, 2017

Apa Itu Kanker ?

Apa Itu Kanker ?

Media Tips - Kanker adalah penyakit paling menakutkan , tidak hanya pada wanita , tetapi juga pada pria dan anak anak. pada tahun 2007 dan 2008, peringatan hari kanker sedunia memfokuskan perhatian terhadap kanker pada anak. Di indonesia saat ini sudah ada Yayasan yayasan onkologi anak indonesia yang memiliki slogan " Kanker pada anak dapat di obati dan di upayakan sembuh bila ditemukan sejak dini".

Kanker adalah penyakit akibat dari pertumbuhan yang tidak normal dari sel-sel jaringan tubuh yang berubah menjadi sel kanker. dalam perkembangannya, sel-sel kanker ini dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya sehingga dapat menyebabkan kematian terhadap penderita kanker tersebut.

Apa Itu Kanker ? apa saja gejalanya ?

Kanker sering dikenal oleh masyarakat sebagai tumor, padahal tidak semua tumor adalah kanker, tumor adalah segala benjolan tidak normal atau abnormal yang bukan radang, berdasarkan golongannya, tumor dibagi menjadi dua bagian, yakni tumor jinak dan tumor ganas.

Sedangkan kanker dalam istilah umum untuk semua jenis timor ganas. sel tumor pada tumor jinak bersifat tumbuh secara lambat. oleh karena itu, pada umumnya tumor jinak tidak akan cepat membesar. pada masa perkembangannya sel tumor mendesak jaringan sehat sekitarnya secara serempak sehingga terbentuk simpai ( serabut pembungkus yang memisahkan jaringan tumor dari jaringan sehat ). karena bersimpai, maka pada umumnya tumor jinak mudah dikeluarkan dengan cara dioperasi.

Sel tumor pada tumor ganas ( kanker ) tumbuh dengan cepat sehingga tumor ganas pada umumnya cepat menjadi besar. sel tumor ganas tumbuh dengan menyusup ke dalam jaringan sehat di sekitarnya dan dapat digambarkan seperti kepiting dengan kaki kakinya yang mencengkeram organ tubuh yang terkena.

Disamping itu, sel kanker dapat membuat anak sebar ( metastasis ) ke bagian organ tubuh lain yang jauh dari tempat asalnya melalui pembuluh darah dan pembuluh getah bening sehingga tumbuh kanker baru di tempat lain. penyusupan sel kanker ke dalam jaringan sehat pada organ tubuh lainnya akan dapat merusak organ tubuh tersebut sehingga fungsi organ tersebut pasti terganggu.

Kanker juga dapat timbul pada ana anak, tetapi lebih sering terjadi pada orang dewasa, terutama pada orang yang berusia di atas 40 tahun, hal ini disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon dan proses penuaan atau pemunduran pertumbuhan sel.

Pada kenyataannya, banyak penderita tidak menyadari bahwa di dalam tubuhnya terdapat kanker yang muncul. sebelum kanker meluas atau merusak jaringan sekitarnya, penderita tidak merasakan adanya keluhan ataupun gejala. setelah kanker berkembang di dalam tubuhnya penderita mulai merasakan adanya keluhan atau gejala-gejala, dan biasanya pada saat itu kondisi penyakit kankernya sudah berada pada stadium lanjut.

Pada stadium dini ( awal ), kanker hanya tumbuh pada suatu tempat, oleh karena itu kalau terdapat benjolan atau kelainan walupun tidak dirasakan mengganggu anda harus mewaspadainya sedini mungkin dan segeralah memeriksakan diri ke dokter.
Lalu bagaimana sifat gejala dari penyakit kanker ini ?
Ada beberapa gejala yang harus diketahui oleh para wanita yakni 8 gejala berikut ini :

1. Adanya perubahan kebiasaan atau gangguan saat buang air besar atau buang air kecil
2. Alat pencernaan terganggu dan susah menelan makanan
3. Ada benjolan ( tumor ) di p4yudar4 atau tempat lain.
4. Suara serak atau batuk yang tidak sembuh sembuh
5. Tahi lalat semakin membesar dan terasa gatal
6. Darah atau lendir yang tidak normal keluar dari tubuh
7. Ada luka dikulit yang tidak kunjung sembuh ( Borok )
8. Ada rasa perih disekitar perut saat mengalami haid atau gangguan lain yang menyebabkan terjadinya pendarahan yang tidak normal.

Nah itulah ulasan  tentang apa itu kanker , dan apa saja gejala dari penyakit kanker ini. Salam sehat !
Previous Post
Next Post

0 comments: