Sunday, October 1, 2017

Tips Cepat Tertidur Lelap Tanpa Obat

Tips Cepat Tertidur Lelap Tanpa Obat

Media Tips - Tidur adalah satu hal yang wajib di lakukan oleh setiap mahluk hidup khususnya manusia, kerena dengan tidur rasa capek, pegal, stress, pusing, akan hilang dengan sendirinya. kalau manusia normal tanpa punya penyakit yang berarti akan segera pulih setelah melakukan aktifitas tidur. manusia setiap hari di anjurkan tidur dalam jangka waktu minimal 6 jam selama 24 jam.


Tips Cepat Tertidur Lelap Tanpa Obat


Nah sebagian orang ada yang tidak punya kesulitan ketika saat memulai tidur hingga terlelap, tetapi banyak juga orang yang sangat kesulitan saat memulai tidur atau biasa yang di sebut INSOMNIA, ini ada beberapa faktor yang mungkin terjadi dalam tubuh seseorang yang sulit memulai tidurnya.

Faktor-faktor yang menyebabkan seseorang sulit tertidur adalah sebagai berikut :

1. Obat-obatan
Ada sebagian obat resep yang dapat berdampak pada waktu tidur seseorang. Obat-obatan tersebut misalnya antidepressants, stimulant untuk ADHD, hormon tiroid, obat tekanan darah, dan obat kontrasepsi. Obat-obatan umum yang juga berdampak pada tidur yaitu obat pilek dan flu yang mengandung alkohol, pereda rasa sakit yang mengandung kafein, dan obat pelangsing. sehingga dampaknya berpengaruh pada sulitnya tidur.

2. Tidur di siang hari
Penyebab tidak bisa tidur khususnya di malam hari salah satunya karena seseorang sudah terlalu banyak tidur atau istirahat pada siang harinya. Tubuh menjadi  merasa cukup beristirahat sehingga pada malam harinya akan kesulitan tidur. Tidur di siang hari memang tidak dilarang namun tidak boleh terlalu lama. Tubuh sebaiknya beraktivitas pada pagi sampai sore hari. Olahraga secara teratur juga dianjurkan untuk membuat tubuh lebih bugar dan dapat tidur dengan nyenyak di malam hari.

3. Makan terlalu malam
Makan terlalu malam juga bisa menyebabkan seseorang kesulitan untuk tidur. Sebaiknya menghindari makan terlalu malam karena selain dapat menyebabkan sulit tidur, juga tidak baik untuk berat badan. Sebaiknya makan sebelum jam 7 malam sehingga makanan dapat diproses terlebih dahulu oleh sistem pencernaan sebelum waktu tidur. Makan malam sebaiknya dilakukan dua jam sebelum tidur dan makanlah makanan yang tidak pedas yang mudah dicerna.

4. Minuman berkafein, alkohol, dan nikotin
Minuman berkafein akan membuat kita menjadi kesulitan untuk tidur. Minuman beralkohol sebenarnya dapat membuat kita mengantuk namun akan mengganggu kualitas tidur kita. Sedangkan nikotin merupakan sebuah stimulan. Jadi sebaiknya tidak meminum minuman yang mengandung bahan-bahan tersebut menjelang waktu tidur. Kafein misalnya, sebaiknya dihindari setidaknya 6 jam sebelum waktu tidur.

5. Usia lanjut
Orang dengan usia lanjut biasanya akan mengalami masalah saat tidur di malam hari. Orang yang sudah berusia lebih dari 60 tahun cenderung banyak yang mengalami insomnia. Aktivitas orang usia lanjut yang tidak terlalu banyak juga bisa menyebabkan mereka mengalami insomnia.

6. Kehamilan
Sebagian wanita  hamil ternyata mengalami masalah tidak bisa tidur di malam hari. Hal ini bisa diakibatkan oleh perasaan mereka sendiri atau hormon yang berubah. Wanita yang hamil perlu menjaga kondisi tubuhnya dan mentalnya dengan baik. Tidur yang cukup juga sangat diperlukan agar tubuh tetap sehat dan bugar sehingga dapat memberikan asupan yang baik bagi sang janin. Tak jarang wanita hamil harus menghadapi masalah psikologis di masa kehamilan. Pasangan seharusnya bisa menjadi teman yang dapat mendukung sehingga permasalahan psikologis tersebut agar dapat teratasi dengan baik dan pada akhirnya tidur bisa pulas dan terlelap.

Itulah faktor yang menyebabkan seseorang sulit tertidur. 
Lalu bagaimana cara agar Cepat Tertidur Lelap Tanpa Obat ?
 Berikut ini Tips Cepat Tertidur Lelap Tanpa Obat  :

Pertama jika sudah mulai akan melakukan aktifitas tidur basuhlah kaki anda mulai lutut sampai pada ujung kaki, ini karena otot otot yang kaku akan kembali normal setelah terkena basuhan air.

Kedua minumlah segelas air putih, air putih sangat baik untuk kesehatan tubuh, namun akan sangat terasa khasiatnya jika diminum sebelum tidur.

Ketiga jauhkan handphone anda, jangan tidur sambil memegang handphone, selain radiasi yang ditimbulkan sebuah handphone , dengan adanya handphone di tangan, anda akan sulit melakukan tidur karena pasti tangan anda ingin membuka akun media sosial anda, entah itu facebook, instagram, whatsapp, twitter, dan media sosial lain nya.

Cobalah tips itu jika anda ingin tertidur lelap tanpa harus menggunakan obat, dan rasakan perbedaan nya, salam sehat !

Previous Post
Next Post

0 comments: